Kamis, 12 Januari 2012

TCP/IP Layer

    Pada postingan sekarang saya akan membahas tentang layer-layer yang ada pada TCP layer. TCP/IP terdiri dari 4 lapisan layer yaitu Aplication layer, Transport layer, Internet layer, dan Link layer. 


   
                                         
  • Aplication Layer
          Pada aplication layer terdiri atas FTP, BOOTp, TFTP, DNS, HTTP/HTTPS, TLS/SSL, VoIP, SSH, POP3, IMAP4, NTP, TELNET, SMTP, SNMP.


  • Transport Layer
          Transport layer terdiri atas TCP dan UDP. Perbedaan TCP dan UDP adalah sebagai berikut:
  1. TCP (Transmission Control Protocol) --> TCP melakukan koneksi langsung antar komputer untuk melakukan transfer data. 
  2. UDP (User Datagram Protocol)   --> Paket yang dikirim melalui jaringan mencapai komputer lain tanpa membuat suatu koneksi. UDP bersifat tidak realibel karean dalam perjalanan transfer data dapat hilang karena tidak adanya koneksi langsung dengan kedua host. UDP lebih cepat dari TCP karena tidak membutuhkan koneksi langsung.              
  • Internet Layer
         Internet layer terdiri dari IPv4 dan IPv6. Perbedaan ipv4 dan ipv6 adalah:
  1. IPv4 --> IPv4 merupakan internet protokol utama. IPv4 menggunakan 32bit penulisan alamat. Contoh penulisan alamat IP dengan IPv4 adalah: 192.168.3.1
  2. IPv6 --> IPv6 merupakan generasi penerus dari IPv4. IPv6 menggunakan 128bit untuk penulisan alamat IP. Contoh penulisan alamat ip dengan IPv6 adalah: 2002:4bf9:5de5:0000:0000:0000:4bf9:5de5
  • Link Layer
Link layer terdiri dari ARP (Address Resolution Protocol). ARP bertugas untuk meresolusikan alamat IP address ke dalam Mac address.

0 komentar:

Site Info

Followers

Recent Comments